Monyet Blender ini (lebih tepatnya simpanse) diciptakan oleh Willem Paul van Overbruggen, seorang 3D artist dari perusahaan animasi NaN (Not a Number) di Belanda yang pada bulan Januari/Februari 2002 mengalami keterbatasan pendanaan oleh para investornya. Karakter 3D simpanse ini diberi nama "Suzanne" yang diambil (mungkin terinspirasi) dari tokoh orangutan pada film karya Kevin Smith yaitu "Jay and Silent Bob Strike Back".
Pages
▼
Sabtu, 31 Desember 2011
Selasa, 27 Desember 2011
Sekilas Sejarah Blender 3D
Blender yang dimaksud disini bukan alat yang sering kita gunakan di dapur, tapi kita akan membicarakan tentang software 3D ;)
Pada tahun 1988, Ton Roosendaal mendirikan Studi NeoGeo di Belanda dan dengan cepat berkembang menjadi studio animasi terbesar di Belanda. Pada saat itu Ton bertanggung jawab untuk mengarahkan unsur seni dan pengembangan software. Setelah dilakukan musyawarah, maka diputuskan bahwa program 3D yang sedang digunakan harus ditulis ulang dari awal, sehingga pada tahun 1995 program 3D tersebut dirancang-tulis kembali sebagai "Blender" yang kita kenal sekarang ini.
Kemudian pada tahun 1998, Ton mendirikan sebuah perusahaan baru yang disebut dengan "Not a Number" (NaN) yang bertujuan untuk memasarkan dan mengembangkan Blender lebih lanjut. Ruang lingkup bisnis NaN antara lain menyediakan produk-produk komersil serta layanan sekitar Blender.
Senin, 26 Desember 2011
Sekilas Sejarah Iklan Coca-Cola Santa
Berhubung sekarang sedang nuansa liburan Natal, saya akan sedikit membahas tentang sebuah fenomena yang ada hubungannya antara desain grafis / periklanan dengan Natal. Yuk! mari kita simak..
Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui figur yang satu ini. Berperangai baik hati, ramah, dermawan, memiliki tubuh yang gemuk dengan janggut putih panjang dan menggunakan mantel tebal berwarna merah. Ya! figur tersebut adalah Santa Claus. Namun apa hubungannya dengan belajar desain grafis ya? Yuk mari terus dibaca ya..
Ternyata figur Santa Claus ini digunakan oleh perusahaan Coca-Cola dalam promosi iklan mereka. Tahun 2006 dinyatakan sebagai ulang tahun ke-75 Coca-Cola Santa Claus, yang debut iklannya dimulai sejak tahun 1931. Sebelum tahun 1931 pengenalan Coca-Cola Santa Claus, citra St. Claus digambarkan bervariasi dari berbadan besar hingga kecil dan gemuk hingga tinggi. Santa Claus juga sering digambarkan mirip dengan peri sehingga tampak sedikit menyeramkan. Itulah citra St. Claus selama berabad-abad, namun di jaman sekarang, Santa Claus ditambahkan dengan kombinasi cerita-cerita dari berbagai negara.
Jumat, 16 Desember 2011
Sabtu, 22 Oktober 2011
Sabtu, 15 Oktober 2011
Jumat, 14 Oktober 2011
[Unduhan Gratis] HDRi - Light Probes
Silakan di unduh empat HDRi - Light Probes yang sering saya pakai untuk keperluan rendering 3D ya.. semoga bermanfaat ;)
Bagi yang bertanya-tanya, "Apa sih HDRi atau Light Probes?" penjelasannya bisa dibaca disini
- RNL Probe (kiri atas) - unduh
- Building Probe (kanan atas) - unduh
- Campus Probe (kiri bawah) - unduh
- Kitchen Probe (kanan bawah) - unduh
________________________
sumber: www.debevec.org
Kamis, 13 Oktober 2011
Tutorial Membuat Logo & Text 3D di Blender [2.49]
Tutorial membuat logo dan text 3D ini dibagi kedalam tiga bagian, antara lain:
- Membuat logo dan text 3D dengan curve langsung di Blender
- Membuat text 3D melengkung mengikuti bentuk curve (buka disini)
- Mengimpor file vektor ke Blender yang nantinya dijadikan logo 3D (buka disini)
Sekilas Tentang High Dynamics Range image (HDRi)
Pengertian
HDRi merupakan singkatan dari "High Dynamic Range Imaging", yang pada dasarnya merupakan 'gambar' yang memiliki muatan semua informasi mengenai 'shadow - brightest'. Jika dibandingkan dengan gambar biasa pada umumnya yang hanya terdiri dari 8 bits informasi di setiap warnanya (RGB), yang pada akhirnya menciptakan 256 gradasi untuk setiap warnanya, gambar dengan format HDR memiliki data informasi dari tiga warna tadi dengan lebih akurat. Antara lain ada data 'kedalaman' (depth) dari warna yang paling gelap hingga yang paling terang. Menggunakan gambar HDR untuk keperluan 3D akan menghasilkan hasil yang sungguh realistis, karena berpengaruh pada bayangan (shadows), intensitas pencahayaan (highlights) dan pantulan (reflections).
Tutorial Setting HDR di Blender [2.59]
Hai Sobat Bloggers, kali ini saya coba berbagi video tutorial setting HDR image di Blender 2.59. Secara umum, gambar HDR akan membuat kualitas render semakin baik.
- Penjelasan singkat tentang HDRi bisa dibaca disini :)
- Bagi yang menggunakan versi 2.49 - video tutorial HDRi dapat langsung dilihat disini :)
Rabu, 12 Oktober 2011
Kamis, 06 Oktober 2011
[Unduhan Gratis] Blender 2.49b Installer
- Blender 2.49 OS Windows (Installer)
- cara instalasi stepBystep-nya download disini :)
- Blender 2.49 OS Windows (Portable)
- untuk di flashdisk, tidak perlu diinstal di komputer, bisa dibawa kemana-mana :)
- Setelah selesai unduh, silakan copy ke flashdisk lalu buka file installernya di flashdisk tersebut
Minggu, 25 September 2011
Minggu, 18 September 2011
[GJ11] Komposisi 2Dimensi - Geometrik1
Hai Sobat Bloggers, kali ini saya mau berbagi beberapa karya dari tugas pertama Komposisi 2D. Dalam tugas kali ini, teman-teman sekalian diminta untuk mengolah komposisi bentuk Geometrik (bujur sangkar dan persegi panjang). Berikut beberapa contohnya: (Klik Gambar untuk memperbesar) :)
Angela Michelle |
Selasa, 06 September 2011
Topology 3D
Hallo Sobat Bloggers, kali ini saya akan mencoba membahas tentang Topology (topologi) di dunia 3D.
Menurut saya topologi di dalam dunia 3D dapat diartikan sebagai "Pemetaan bidang-bidang (polygons/ faces) yang dibangun dari setiap titik-titik (vertices) atau rusuk (edge) yang membentuk kesinambungan secara menyeluruh pada objeknya".
Mungkin definisi yg saya buat barusan masih sedikit sulit untuk dicerna, namun prinsipnya adalah semua objek benda dibangun dari minimal dua titik (vertices) yang membentuk rusuk (edge) dan minimal ada tiga rusuk yang akan membentuk satu sisi (face).
Objek Kubus dibangun dari gabungan vertices - edges dan faces |
Topologi pada objek berbasis silinder (gelas) |
Prinsip lainnya adalah (dalam Blender3D) setiap face harus dibangun dari tiga atau empat titik (tidak boleh lebih). Kalaupun lebih dari empat titik (misalkan segi enam), maka bidang segi enam tersebut harus dipecah lagi ke dalam bentuk yang memiliki tiga atau empat titik (segi tiga atau segi empat).
Minggu, 31 Juli 2011
10 Tipe Klien yang "Nakal"
Hai Sobat Bloggers, kali ini saya akan mencoba membahas mengenai tipe-tipe klien yang dianggap memiliki sifat "nakal", khususnya bagi Anda yang baru memulai berkecimpung di dunia freelance. Okay Sobat Bloggers mari kita kenali 10 tipe klien "nakal" tersebut.
1. Klien yang Selalu Meminta "Free Sample"
Tipe Klien seperti ini biasanya akan meminta contoh desain yang orisinil terlebih dahulu, bahkan sebelum terjadi kesepakatan pekerjaan. Hal semacam ini perlu kita waspadai karena bisa saja hal tersebut merupakan cara klien untuk mendapatkan desain secara cuma-cuma. Menurut saya dari sudut pandang klien memang tidak bisa dipungkiri jikalau klien ingin melihat draft desain kita, namun kita memiliki portofolio karya desaon yang pernah kita kerjakan sebelumnya, yang berfungsi sebagai galeri contoh. Jadi sebenarnya kita tidak wajib membuatkan klien contoh desain untuk proyek yang akan dikerjakan, kita cukup menunjukkan portofolio kita saja bukan? ;)
2. Klien yang Memberi Penambahan Brief
Tipe Klien seperti ini biasanya akan memberikan brief proyek yang kita anggap pengerjaan desainnya cukup ringan, dengan demikian kita akan mengajukan rincian biaya yang adil juga (biasanya kecil). Ketika masalah harga telah disetujui, biasanya klien akan memberikan brief-brief pekerjaan tambahan di tengah-tengah pengerjaan, dengan alasan lupa bahwa detail pengerjaan meliputi hal-hal lain. Intinya adalah bahwa klien akan mencoba mendapatkan kuantitas pengerjaan yang lebih banyak dengan harga desain pada pengajuan awal yang telah disetujui bersama.
Selasa, 26 Juli 2011
Selasa, 19 Juli 2011
Seetharaman Narayanan
< |
Dia sebenernya setingkat dengan beberapa nama senior yang ada di splash screen Photoshop hanya saja beruntungnya dia mempunyai nama yang sangat unik sehingga diletakkan di baris atas urutan kedua di splash screen setelah Thomas Knoll. Nama-nama senior yang lain mungkin kurang unik jadi tidak diperhatikan pembacanya meskipun sudah muncul di Photoshop generasi awal.
Perbedaan Format Font
1. PostScript
Format font PostScript atau dikenal dengan nama lainnya 'Type-1', merupakan format font yang dikembangkan oleh Adobe di sekitar tahun 1980an, beberapa tahun sebelum diluncurkannya TrueType. Format tersebut berbasiskan teknologi cetak milik Adobe (Adobe PostScript printing technology) yang merupakan bahasa pemrograman komputer dimana memungkinkan mencetak hasil dengan resolusi tinggi untuk grafis berbagai macam ukuran. PostScript telah lama dipilih sebagai pilihan yang meyakinkan, terutama bagi desainer profesional, para penerbit dan percetakan.
Format font PostScript terdiri atas dua bagian dimana keduanya sama pentingnya, yaitu font yang benar-benar akan dicetak serta font yang muncul di layar monitor. PostScript dapat secara langsung ditempatkan dalam sebuah folder khusus font. Namun dahulu semua pengguna PC yang menggunakan OS Windows versi sebelum Windows 2000 harus menginstal Adobe Type Manager (ATM) terlebih dahulu untuk dapat menggunakan font PostScript tersebut.
Senin, 18 Juli 2011
Anatomi Huruf #2
Okay Sobat Bloggers, mari kita lanjutkan mengenai pembahasan anatomi huruf, namun bagi Anda yang belum membaca Anatomi Huruf bagian pertama, sangat dianjurkan untuk membacanya terlebih dahulu :)
11. Leg, bagian bawah huruf yang memiliki kesan "menopang" huruf tersebut. Misalkan bagian bawah huruf "L" dan garis diagonal bawah pada huruf "K".
12. Shoulder, merupakan bentuk lengkung yang biasanya merupakan pangkal sebuah leg.
Anatomi Huruf #1
Halo sobat Bloggers, bagi Anda yang baru masuk ke dalam dunia tipografi, tentunya Anda sering mendengar istilah-istilah yang menyangkut dengan anatomi sebuah huruf bukan?
Huruf dapat dianalogikan seperti layaknya kita manusia, memiliki struktur dan bagian-bagian tubuh yang saling melengkapi serta terpadu menjadi satu kesatuan tubuh. Okay, langsung saja kita bahas masing-masing bagian dari anatomi huruf.
klik gambar untuk memperbesar |
1. Baseline, merupakan garis tak nampak dimana karakter huruf "duduk". Namun biasanya huruf bulat seperti "e" akan ditaruh sedikit lebih bawah melewati baseline.
Selasa, 28 Juni 2011
100 Font Terbaik Sepanjang Masa
Hai Sobat Bloggers, berdasarkan salah satu laman Jerman ada 100 font yang dianggap sebagai font terbaik sepanjang masa.
Menilai bagus-tidaknya sebuah font merupakan perkara yang sulit. Bagaimanakah kita mengukur sebuah kualitas estetis seperti sebuah font? Laman di Jerman ini telah melakukan penilaian font terbaik berdasarkan:
1. Angka penjualan font
2. Nilai historis
3. Kualitas estetis
Perlu diperhatikan bahwa penilaian tersebut memiliki cakupan hanya pada font yang berlisensi berbayar saja. Font yang bersifat gratis serta keragaman sistem operasi yang digunakan tidak menjadi variabel penilaian.
Menilai bagus-tidaknya sebuah font merupakan perkara yang sulit. Bagaimanakah kita mengukur sebuah kualitas estetis seperti sebuah font? Laman di Jerman ini telah melakukan penilaian font terbaik berdasarkan:
1. Angka penjualan font
2. Nilai historis
3. Kualitas estetis
Perlu diperhatikan bahwa penilaian tersebut memiliki cakupan hanya pada font yang berlisensi berbayar saja. Font yang bersifat gratis serta keragaman sistem operasi yang digunakan tidak menjadi variabel penilaian.
Senin, 20 Juni 2011
5 Prinsip Desain Logo yang Efektif
Halo Sobat Bloggers, sekarang kita akan coba membahas mengenai prinsip-prinsip desain dalam merancang logo. Sebuah logo yang baik adalah logo yang memiliki ciri khas, tepat, praktis, sederhana dan dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan. Dalam merancang logo yang efektif, sebaiknya kita tidak melupakan beberapa prinsip perancangan.
1. Sederhana (Simple),
Logo yang sederhana memungkinkan untuk lebih mudah diingat dan digunakan secara serbaguna. Logo yang sederhana tersebut dapat dimunculkan secara unik tanpa harus digambarkan berlebihan.
Logo yang sederhana memungkinkan untuk lebih mudah diingat dan digunakan secara serbaguna. Logo yang sederhana tersebut dapat dimunculkan secara unik tanpa harus digambarkan berlebihan.
50 Logo Top di Dunia
Hai Sobat Bloggers, kali ini kita akan coba melihat bahwa ada 100 logo di dunia ini yang dikategorikan sebagai logo-logo papan atas, menurut versi Bloomberg Businessweek (sumber). Namun pembahasan kali ini hanya akan menampilkan 50 logo teratas saja (ditampilkan berdasarkan ranking).
Coca-Cola, Microsoft, IBM, GE, Intel, Nokia, Walt Disney, McDonald’s, Toyota, Marlboro, Mercedes-Benz, Citi, Hewlett-Packard, American Express, Gillette, BMW, Cisco, Louis Vuitton, Honda, Samsung, Dell, Ford, Pepsi, NescafĂ©, Merrill Lynch, Budweiser, Oracle, Sony, HSBC, Nike, Pfizer, UPS, Morgan Stanley, JPMorgan, Canon, SAP, Goldman Sachs, Google, Kellogg’s, Gap, Apple, Ikea, Novartis, UBS, Siemens, Harley-Davidson, Heinz, MTV, Gucci and Nintendo.