Pages

Selasa, 28 Juni 2011

100 Font Terbaik Sepanjang Masa

Hai Sobat Bloggers, berdasarkan salah satu laman Jerman ada 100 font yang dianggap sebagai font terbaik sepanjang masa. 


Menilai bagus-tidaknya sebuah font merupakan perkara yang sulit. Bagaimanakah kita mengukur sebuah kualitas estetis seperti sebuah font? Laman di Jerman ini telah melakukan penilaian font terbaik berdasarkan:
1. Angka penjualan font 
2. Nilai historis 
3. Kualitas estetis


Perlu diperhatikan bahwa penilaian tersebut memiliki cakupan hanya pada font yang berlisensi berbayar saja. Font yang bersifat gratis serta keragaman sistem operasi yang digunakan tidak menjadi variabel penilaian.

Senin, 20 Juni 2011

5 Prinsip Desain Logo yang Efektif

Halo Sobat Bloggers, sekarang kita akan coba membahas mengenai prinsip-prinsip desain dalam merancang logo. Sebuah logo yang baik adalah logo yang memiliki ciri khas, tepat, praktis, sederhana dan dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan. Dalam merancang logo yang efektif, sebaiknya kita tidak melupakan beberapa prinsip perancangan.

1. Sederhana (Simple)
Logo yang sederhana memungkinkan untuk lebih mudah diingat dan digunakan secara serbaguna. Logo yang sederhana tersebut dapat dimunculkan secara unik tanpa harus digambarkan berlebihan.
  

50 Logo Top di Dunia

Hai Sobat Bloggers, kali ini kita akan coba melihat bahwa ada 100 logo di dunia ini yang dikategorikan sebagai logo-logo papan atas, menurut versi Bloomberg Businessweek (sumber). Namun pembahasan kali ini hanya akan menampilkan 50 logo teratas saja (ditampilkan berdasarkan ranking).


Coca-Cola, Microsoft, IBM, GE, Intel, Nokia, Walt Disney, McDonald’s, Toyota, Marlboro, Mercedes-Benz, Citi, Hewlett-Packard, American Express, Gillette, BMW, Cisco, Louis Vuitton, Honda, Samsung, Dell, Ford, Pepsi, NescafĂ©, Merrill Lynch, Budweiser, Oracle, Sony, HSBC, Nike, Pfizer, UPS, Morgan Stanley, JPMorgan, Canon, SAP, Goldman Sachs, Google, Kellogg’s, Gap, Apple, Ikea, Novartis, UBS, Siemens, Harley-Davidson, Heinz, MTV, Gucci and Nintendo.

Sabtu, 18 Juni 2011

5 Tips Menentukan Tipografi pada Desain

Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan coba membahas tentang cara menentukan huruf yang sesuai pada desain yang kita buat. Okay, saya akan mencoba menjabarkan apa-apa saja yang harus kita lakukan:

1. Berkenalan dengan Huruf
Sebelum kita masuk ke perancangan, kita harus (setidaknya) mengenal jenis-jenis huruf yang ada, lalu mengenal karakteristik huruf tersebut (berhubungan dekat dengan no.2 dibawah). 

Umumnya, huruf yang ada menyebar dimana-mana digolongkan menjadi empat jenis kelompok besar. Golongan-golongan tersebut adalah huruf yang memiliki kait di setiap ujungnya (Serif), huruf tanpa kait di setiap ujungnya (Sans Serif), huruf dengan struktur menyerupai tulisan tangan (Script) dan huruf yang dihias (Decorative). 

Inspirasi Desain Kartu Nama #1

Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan melihat berbagai macam contoh desain kartu nama atau business card yang unik dan kreatif, semoga bisa menjadi inspirasi Sobat Bloggers sekalian :)


10 Tips Mendesain Kartu Nama

Dalam merancang desain kartu nama untuk keperluan bisnis, baik perusahaan maupun perorangan ada baiknya kita simak beberapa tips berikut ini ;)

1. Manfaatkan kedua sisi. Apabila muatan informasi yang hendak Sobat bloggers sampaikan dalam kartu nama tersebut terlampau banyak, sebaiknya jangan memaksakan untuk memadatkan semua informasinya di satu sisi saja. Informasi pendukung seperti foto lokasi atau produk, jenis-jenis keahlian yang ditawarkan, mungkin testimoni dari klien yang berpotensi dan sebagainya bisa kita tampilkan di sisi belakang kartu nama kita :)

2. Karakter. Kartu nama harus mencerminkan serta merepresentasikan diri Anda atau perusahaan Anda. Sebaiknya gali dan temukan jati diri atau karakteristik Anda / Perusahaan sebaik mungkin. Karena karakteristik tersebutlah yang akan nantinya dipakai untuk membangun elemen-elemen visual yang ada di dalam kartu nama Anda.Intinya ketika klien melihat-lihat kembali kartu nama Anda di kantornya atau di rumahnya, beliau akan dengan segera mengingat Anda atau perusahaan Anda. 

20 Aturan Membuat Desain yang Baik #2


Halo Sobat bloggers, berikut ini akan kita lanjutkan pembahasan mengenai tips mengenai bagaimana membuat desain yang baik, untuk pembahasan bagian pertama dapat Anda temukan disini :)

11. Objektif, Jangan Terpusat pada Diri Sendiri
Peran seorang desainer adalah merancang komunikasi yang mampu menjangkau masyarakat secara luas. Dalam usaha untuk menjangkau masyarakat yang luas tesebut kita harus mampu memahami target audience kita berpikir secara universal (luas), seperti warna apa yang akan kita pakai, foto apa yang akan kita tampilkan, kalimat apakah yang akan kita utarakan dan sebagainya. Desain bisa saja digunakan dalam hal-hal berskala kecil-menengah seperti menginformasikan serta mempromosikan sebuah acara festival film atau dalam skala besar seperti membuat alur evakuasi bencana dalam sebuah gedung pencakar langit. Hal yang ditekankan disini adalah apabila kita melupakan bahwa kita harus menjangkau audience kita dan bukan berpusat pada apa yang kita ingin buat, maka kita akan terjerumus sehingga desain kita menjadi tidak tepat sasaran. Kita bisa saja membuat sebuah karya desain sebagus dan semenarik mungkin sehingga membuat audience kita terpesona, namun jika mereka tidak dapat mengingat informasi yang disampaikan maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Selasa, 07 Juni 2011

20 Aturan Membuat Desain yang Baik #1


Dalam melakukan sebuah perancangan desain, kita sebagai seorang desainer harus mengetahui beberapa hal atau aturan yang dapat membuat karya rancangan desain kita menjadi lebih baik. Berikut ini saya coba paparkan apa-apa saja "20 aturan" tersebut. Perlu diingat bahwa memang aturan-aturan tersebut dapat kita langgar, namun tetap saja semua aturan tadi  tidak akan bisa kita abaikan.


"Rules can be broken but never ignored"
David Jury, Typographer &Author


1. Karya Desain Harus Memiliki Konsep
Apabila dalam sebuah karya desain tidak memiliki pesan yang hendak disampaikan, tidak ada cerita, tidak ada gagasan dan narasi, atau tidak memiliki tujuan maka karya tersebut sangat sulit untuk disebut sebagai sebuah karya desain. Tidak peduli sebagus apapun hasil tampilan visualnya, ketika sebuah desain tidak memiliki semua aspek tadi seluruh usaha perancangan akan menjadi sia-sia saja. Karya desain yang baik haruslah memiliki konsep yang melekat kuat, tujuan serta dapat memberi manfaat bagi audience-nya.

Senin, 06 Juni 2011

Belajar Komputer 3D

Halo Sobat bloggers, kali ini kita akan coba masuk ke dunia komputer 3D (tiga dimensi). Mungkin sebagian besar dari kita sangat gemar menonton film-film animasi 3D, ataupun kalau kita sering melihat iklan di televisi dengan animasi 3D? atau mungkin bermain game di komputer, console dan lain sebagainya?

Sadar maupun tidak, dunia komputer 3D sudah menjadi bagian dari hidup kita. Dari dunia komputer 3D kita bisa belajar, menangis, tertawa dan terhibur. Siapa yang tidak mengetahui film Avatar? apabila Sobat bloggers belum menonton filmnya, silakan ditonton dahulu. Disini saya tidak akan membahas mengenai film Avatar, namun hendak mengemukakan bahwa eksekusi teknis yang baik akan membuat seolah-olah kita benar-benar berada di dalam dunia Avatar. Memang eksekusi teknis yang baik tidak akan berarti apa-apa tanpa jalan cerita yang baik pula.

Langkah awal, Imajinasi!
Seorang teman saya pernah berkata bahwa kita dapat menjadi seperti "tuhan" di dalam dunia komputer 3D. Maksudnya bukan berarti kita hendak menyamaiNya (siapalah kita), namun dalam dunia komputer 3D kita diberi kekuasaan untuk membuat apapun. Yang menjadi batasan adalah imajinasi, kreativitas dan kemauan. Dalam dunia Komputer 3D benar-benar tidak ada batasan apapun kecuali tiga hal diatas.

Alur Kerja Komputer 3D

Halo Sobat bloggers, sesuai janji saya bahwa saya akan mencoba menjelaskan sedikit  alur kerja dalam dunia komputer 3D (Bahasan sebelumnya mengenai komputer 3D dapat Anda baca disini).

Okay, sama seperti apapun yang ada di dunia ini segala sesuatu memiliki sebuah proses. Menurut saya proses adalah sebuah deretan aksi yang dilakukan secara berkelanjutan yang mengarah pada sebuah hasil akhir. Ya, ada awal ada akhir, ada input ada output. Nah tidak mungkin terlahir sebuah output jika sang input tidak diproses terlebih dahulu bukan? He he.. maaf jadi membuat Anda bingung, inti utama yang hendak saya sampaikan adalah bahwa proses merupakan suatu hal yang penting.

Berikut ini saya paparkan alur kerja atau saya sebut proses kerja (secara umum) dalam dunia komputer 3D. Maksudnya secara umum adalah, bahwa beberapa langkah proses mungkin tidak pernah terjadi atau apa yang terjadi di lapangan tidak tercantum dalam skema berikut ini. Yang ditekankan disini adalah dalam dunia desain tidak ada sesuatu yang pasti seperti halnya dalam dunia eksak :)

Sabtu, 04 Juni 2011

Elemen & Prinsip Desain

Halo Sobat bloggers, sebelum kita mulai melakukan rancangan desain, baik di atas kertas maupun di depan komputer. Ada baiknya kita sedikit memahami mengenai elemen-elemen serta prinsip-prinsip dalam desain. Semua elemen dan prinsip disini merupakan teori dasar dari ilmu desain pada umumnya, sehingga kita jangan membatasi ruang lingkupnya hanya dalam dunia desain grafis saja ya.

Elemen-elemen Desain

1. Garis. Garis dapat diciptakan dari hasil goresan alat tulis ataupun sebagai sisi kontras sebuah objek dengan objek lainnya. Sebagai contoh, sebuah kursi berwarna hitam yang berada di depan meja yang berwarna putih. Maka perbedaan warna kontras antara kursi hitam dan meja putih akan menimbulkan kesan garis pada kursi (karena kontras dengan objek di belakangnya).

Jumat, 03 Juni 2011

Psikologi Warna


Warna-warna yang kita ketahui selama ini ternyata memiliki makna secara psikologis. Maksudnya adalah bahwa warna yang kita lihat dapat menimbulkan pengaruh terhadap jiwa dan perilaku kita.

Psikologi warna ternyata sudah digunakan sebagai metoda terapi sejak jaman dahulu pada kebudayaan kuno termasuk Bangsa Mesir dan China. Terapi yang dikenal dengan istilah chromotheraphy atau menggunakan warna untuk tujuan kesembuhan. Chromotheraphy kadang kala dikenal juga sebagai terapi cahaya (light theraphy) atau colourology dan digunakan hingga saat ini sebagai media pengobatan alternatif.

Penggunaan warna pada terapi ini antara lain:

Rabu, 01 Juni 2011

Membuat Sendiri Color Harmony

Halo Sobat Blogger, kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit tutorial mengenai cara membuat sendiri Color Harmony Pallete di Adobe Illustrator (penjelasan mengenai Color Harmony bisa Anda baca terlebih dahulu disini). 
Okay tanpa berbasa-basi lagi, silakan diikuti tutorialnya.

1. Langkah pertama buka aplikasi AI di komputer Anda. Saya menggunakan Adobe Illustrator versi Creative Suite 4.
2. Kemudian buka sebuah file gambar atau foto yang Anda inginkan untuk dijadikan swatches. Untuk tutorial ini saya menggunakan foto natural.

Teori Warna - Dasar

Warna merupakan salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari dunia desain grafis. Warna memberikan peranan yang sangat penting, karena setiap warna memiliki karakter dan memberikan dampak secara psikologis kepada audience-nya.

Saya akan coba menjabarkan beberapa konsep dasar yang terdapat dalam Teori Warna. Untuk penjabaran pertama meliputi Konsep Warna dan yang kedua adalah Harmoni Warna (Color Harmony).

G.01 Diagram Lingkaran Warna

Gambar G.01 dikenal dengan istilah "lingkaran warna" atau beberapa orang menyebutnya dengan istilah "roda warna" (Color Wheel), namun apapun sebutan istilahnya yang perlu dipahami adalah prinsipnya. Prinsip dari roda/lingkaran warna di atas adalah menggunakan tiga warna utama (primer), antara lain "merah; kuning; biru". Sejarah menyebutkan bahwa diagram lingkaran warna tersebut pertama kali dikembangkan oleh Sir Isaac Newton pada tahun 1666. Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa teori lingkaran warna tersebut mulai dikenal pada taun 1800an. Mengenai

Apakah Hitam dan Putih adalah Warna?

Mungkin Sobat Blogger pernah dengar sebuah pertanyaan seperti ini, "Kalau hitam dan putih merupakan warna juga bukan?". Nah pertanyaan ini sering kali masih merupakan perdebatan. Kalaupun ada yang menjawab "ya, hitam-putih merupakan warna!" atau "tidak, hitam-putih bukan merupakan warna", namun kadang-kadang penjelasannya masih kurang dapat dipahami dengan pasti. Untuk itu mari kita coba kaji bersama penjelasannya.

Penjelasan mengenai perdebatan tersebut dapat dipaparkan dalam tiga jawaban yang berbeda. Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita harus mengetahui sumber dari sebuah warna itu bisa berasal.