Selasa, 07 Juni 2011

20 Aturan Membuat Desain yang Baik #1


Dalam melakukan sebuah perancangan desain, kita sebagai seorang desainer harus mengetahui beberapa hal atau aturan yang dapat membuat karya rancangan desain kita menjadi lebih baik. Berikut ini saya coba paparkan apa-apa saja "20 aturan" tersebut. Perlu diingat bahwa memang aturan-aturan tersebut dapat kita langgar, namun tetap saja semua aturan tadi  tidak akan bisa kita abaikan.


"Rules can be broken but never ignored"
David Jury, Typographer &Author


1. Karya Desain Harus Memiliki Konsep
Apabila dalam sebuah karya desain tidak memiliki pesan yang hendak disampaikan, tidak ada cerita, tidak ada gagasan dan narasi, atau tidak memiliki tujuan maka karya tersebut sangat sulit untuk disebut sebagai sebuah karya desain. Tidak peduli sebagus apapun hasil tampilan visualnya, ketika sebuah desain tidak memiliki semua aspek tadi seluruh usaha perancangan akan menjadi sia-sia saja. Karya desain yang baik haruslah memiliki konsep yang melekat kuat, tujuan serta dapat memberi manfaat bagi audience-nya.

2. Berkomunikasilah - Jangan Membuat Dekorasi
Masih berhubungan dengan aturan nomor satu diatas, bahwa setiap bentuk yang digunakan dalam sebuah visual haruslah memiliki tujuan serta fungsi yang mendukung konsep desain tersebut. Tidak peduli bentuk yang digunakan sangat sederhana atau rumit, yang terpenting kita harus bijaksana dan memiliki pertimbangan dalam menentukan dan memakai suatu bentuk grafis.

3. Bahasa Visual Sebagai Satu Kesatuan
Pastikan semua elemen desain yang berada dalam sebuah karya desain berbicara dalam ruang lingkup yang sama. Elemen desain seperti jenis font, warna, bentuk, fotografi, ilustrasi background dan lain sebagainya harus selaras dan konsisten sehingga dapat digunakan secara maksimal sebagai representasi konsep yang hendak dikomunikasikan kepada audience-nya.

4. Gunakan Maksimal Tiga Jenis Huruf dari Keluarga yang Sama
Penggunaan jenis huruf (font) dalam sebuah karya desain perlu dibatasi sesuai dengan tujuan dari desain itu sendiri. Sebelum melakukan pemilihan jenis huruf, sebaiknya kita menyadari secara tepat tujuan dari desain yang akan kita buat. Jika kita merasa kesulitan dalam menentukan jenis font apa yang hendak dipakai, kita harus mundur dulu satu langkah dan berpikir mengenai karakteristik dari konsep visual kita. 
Tips yang bisa kita lakukan dalam memilih jenis huruf adalah gunakan huruf-huruf dari satu keluarga yang sama. Misalkan kita menetapkan menggunakan jenis huruf Arial, maka kita dapat menggunakan jenis-jenis Arial lainnya sebagai variasi (Arial Black, Arial Narrow, Arial Rounded, Arial Unicode MS). Oiya dua hal kesalahan para desainer adalah: pertama, terlalu malas mencari huruf yang dianggap paling sesuai dengan konsep desain, padahal huruf memiliki jenis yang sangat banyak. 
Sebagai acuan kita bisa membeli CD/DVD yang berisi kumpulan huruf atau dengan mudah bisa mengunduh dari internet. Kedua, para desainer seringkali tidak dapat menahan diri untuk menggunakan berbagai jenis huruf dalam satu layout desain, yang pada akhirnya justru akan membuat tampilan visual desain tidak sejalan dengan konsep awal yang direncanakan. Penggunaan terlalu banyak jenis font yang berbeda akan mengakibatkan audience menjadi bingung dan mata akan lebih cepat lelah. 

5. Manfaatkan Focal Point
Menarik perhatian audience merupakan salah satu faktor utama yang sangat penting, mengapa? Karena hanya dengan mendapatkan perhatianlah, maka audience akan melihat hasil karya desain kita. Pusat perhatian atau Focal Point dapat diciptakan dari permainan kata-kata, ukuran, jenis font, perbedaan warna dan variasi penempatan atau layout. Setelah audience melayangkan pandangannya pada Focal Point yang kita ciptakan, maka langkah selanjutnya adalah menggiring mata mereka sesuai dengan hirarki atau urutan baca. Misalkan saja dalam sebuah leaflet sebuah toko grosir yang akan kita buat menjadi Focal Point adalah permainan kata "DISKON hingga 75%!" atau "GRATIS pembelian kedua!!" dan sebagainya. Selanjutnya audience akan merasa tertarik dengan Focal Point yang kita buat tadi dan kemudian melanjutkan membaca isi atau konten dalam leaflet tersebut.

6. Gunakan Warna Sesuai Kebutuhan
Elemen warna merupakan salah satu nyawa desain grafis, mengapa? Karena warna memiliki makna tertentu dan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam karya desain kita. Warna merupakan salah satu alat yang kita gunakan untuk menyampaikan maksud serta mengkomunikasikan tujuan atau konsep desain. Maka dari itu kita sebaiknya sangat peka dan memiliki pengetahuan akan makna warna agar desain yang kita kerjakan tetap berjalan pada pondasi konsep awal. Makna warna secara psikologis dapat Anda baca disini. Intinya adalah gunakan warna seperlunya saja, anggapan bahwa banyak warna akan membuat desain Anda lebih indah belum tentu seratus persen tepat. Bahasan mengenai Psikologi Warna dapat dibaca disini ;)

7. Desain 'Sederhana?' Mengapa Tidak?
Mungkin Sobat bloggers pernah mendengar istilah "Less is more", yang merupakan sebuah  pemikiran dari aliran Modernisme yang menjunjung 'kesederhanaan' setiap elemen-elemen grafis yang dipakai. Sebagai ilustrasi dalam sebuah layout desain yang penuh, karena terlalu banyak bentuk geomtrik yang dipakai, terlalu banyak menggunakan jenis huruf yang berbeda dan terlalu banyak menggunakan warna. Bisa dibayangkan bahwa setiap elemen tadi masing-masing 'berteriak' minta diperhatikan oleh audience-nya, namun jika kita bisa menahan diri untuk membatasi penggunaan elemen grafis secara bijak, maka audience akan dengan merasa nyaman menikmati setiap sudut, bentuk dan warna yang kita gunakan.
Siapapun bisa melakukan rancangan desain dengan menggunakan banyak elemen grafis, namun hanya sedikit orang saja yang mampu menggunakan elemen grafis secara bijak dan tepat.

8. Manfaatkan Ruang Negatif
Ruang negatif juga sering disebut sebagai ruang putih (meskipun seringkali disekitarnya belum tentu berwarna putih) tidak kalah penting dengan semua elemen desain yang berada bersama ruang putih tersebut (elemen desain lainnya). Hal tersebut bisa dibenarkan, karena ruang putih tadi bisa berfungsi sebagai tempat mata kita untuk beristirahat. Ruang putih harus bisa kita oleh sedemikian rupa, sama halnya ketika kita mengolah tata letak elemen foto, tipografi dan sebagainya.

9. Manfaatkan Huruf Sebagai Gambar
Selama ini ada anggapan bahwa tipografi hanyalah dapat digunakan sebagai pendukung desain saja. Penggunaannya juga jadi dibatasi hanya sekedar mengisi headline, sub-headline dan body-copy. Perlu diingat bahwa tipografi juga merupakan salah satu unsur penting dalam dunia desain grafis, sehingga penggunaannya bisa di tingkatkan seoptimal mungkin. Ya, mungkin salah satu caranya adalah menggunakan tipografi sebagai image/gambar.

10. Huruf adalah Huruf Hanya Jika "Bersahabat"
Huruf yang baik adalah huruf yang dapat terbaca dengan baik pula. Karena memang begitulah takdir yang dimiliki oleh huruf. Fungsi utamanya adalah sebagai media penyampaian pesan antara desainer kepada target audience-nya. Aturan ini sedikit berbeda dengan aturan nomor sembilan di atas, kalau kita menerapkan huruf sebagai gambar - kadang kala kita tidak terlalu mempermasalahkan keterbacaan huruf tersebut. Namun sebaliknya, disini huruf dituntut sebagaimana jati dirinya, yaitu harus dapat dibaca. Seperti telah sedikit disinggung sedikit, bahwa pemilihan jenis huruf atau tipografi haruslah memiliki karakter yang kuat, karena karakter tipografi yang kuat akan membangun jiwa serta melahirkan emosi mendalam bagi yang menikmatinya.

Silakan mampir disini ya untuk pembahasan bagian  kedua :)


sumber: disunting seperlunya dari 
Design Elements - a graphic style manual 
- Timothy Samara

29 comments:

Unknown mengatakan...

Saya mau pesan nasi goreng satu

Anonim mengatakan...

Belajar Grafis Desain: 20 Aturan Membuat Desain Yang Baik 1 >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Belajar Grafis Desain: 20 Aturan Membuat Desain Yang Baik 1 >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Belajar Grafis Desain: 20 Aturan Membuat Desain Yang Baik 1 >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Outfielder mengatakan...

Antalya
Trabzon
Niğde
Maraş
Antep
7H0F

Shelley1 mengatakan...

Van
izmir
Artvin
Tunceli
Eskişehir
55EH

5Güner mengatakan...

Adana
Erzurum
Sinop
istanbul
Düzce
45EMH

StarshipSeeker42 mengatakan...

bingöl
elazığ
hakkari
sakarya
erzincan
5B01

DigitalJuggler55 mengatakan...

manisa
sakarya
sivas
van
elazığ
5JWJU

DarkByte666 mengatakan...

elazığ
gümüşhane
kilis
siirt
sakarya
BH1P

AltınKaptan81 mengatakan...

https://titandijital.com.tr/
sivas parça eşya taşıma
mardin parça eşya taşıma
karaman parça eşya taşıma
manisa parça eşya taşıma
26A3P8

SolarSerpentess1Q2 mengatakan...

tekirdağ evden eve nakliyat
şırnak evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
aksaray evden eve nakliyat
karaman evden eve nakliyat
FWY

AstralSerpentess mengatakan...

kırklareli evden eve nakliyat
ısparta evden eve nakliyat
istanbul evden eve nakliyat
ankara evden eve nakliyat
kırıkkale evden eve nakliyat
QBJ

3E185KileyC2858 mengatakan...

57FBC
Paribu Güvenilir mi
Eryaman Alkollü Mekanlar
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Ünye Evden Eve Nakliyat
Sakarya Evden Eve Nakliyat

0DFFCCarly074B9 mengatakan...

2C653
Aksaray Evden Eve Nakliyat
Kocaeli Evden Eve Nakliyat
Ağrı Evden Eve Nakliyat
Silivri Çatı Ustası
Samsun Evden Eve Nakliyat

B9D6EElizabeth68FA3 mengatakan...

71C0E
Bursa Evden Eve Nakliyat
Bilecik Lojistik
Giresun Lojistik
Ünye Çekici
Silivri Parke Ustası
Lbank Güvenilir mi
Çorlu Lojistik
Bolu Lojistik
Afyon Şehir İçi Nakliyat

8D08BCatherine129C9 mengatakan...

A0A5E
Samsun Parça Eşya Taşıma
Tunceli Şehirler Arası Nakliyat
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Lbank Güvenilir mi
Bayburt Şehir İçi Nakliyat
Konya Parça Eşya Taşıma
Trabzon Parça Eşya Taşıma
Bartın Şehirler Arası Nakliyat
Kırşehir Şehirler Arası Nakliyat

6844CGeraldine44762 mengatakan...

7A0AC
Muğla Şehirler Arası Nakliyat
Artvin Şehir İçi Nakliyat
Mexc Güvenilir mi
Kırıkkale Parça Eşya Taşıma
Bilecik Evden Eve Nakliyat
Elazığ Parça Eşya Taşıma
Burdur Lojistik
Batıkent Parke Ustası
Çerkezköy Parke Ustası

DC504Itzel9C606 mengatakan...

54026
Konya Şehir İçi Nakliyat
Çankaya Parke Ustası
Çerkezköy Ekspertiz
Kripto Para Borsaları
Giresun Şehirler Arası Nakliyat
Eryaman Boya Ustası
Aydın Şehirler Arası Nakliyat
Mardin Şehirler Arası Nakliyat
Aksaray Şehirler Arası Nakliyat

39DABRodney06CA6 mengatakan...

B1B6B
Çerkezköy Cam Balkon
Silivri Duşa Kabin Tamiri
Ordu Evden Eve Nakliyat
Bee Coin Hangi Borsada
Bartın Şehirler Arası Nakliyat
Kütahya Şehir İçi Nakliyat
Çankaya Fayans Ustası
Sakarya Şehirler Arası Nakliyat
Bone Coin Hangi Borsada

F0BD2Leela524C8 mengatakan...

F1F6C
İzmir Şehirler Arası Nakliyat
Diyarbakır Parça Eşya Taşıma
Amasya Şehirler Arası Nakliyat
Malatya Şehirler Arası Nakliyat
Kilis Lojistik
Maraş Evden Eve Nakliyat
Düzce Şehir İçi Nakliyat
Ünye Evden Eve Nakliyat
Lbank Güvenilir mi

73D50Demi7299F mengatakan...

8668E
Bartın Parça Eşya Taşıma
Kayseri Evden Eve Nakliyat
Binance Güvenilir mi
Şırnak Parça Eşya Taşıma
Iğdır Parça Eşya Taşıma
Kars Şehir İçi Nakliyat
Tokat Şehir İçi Nakliyat
Kayseri Lojistik
Adana Şehir İçi Nakliyat

BE51CAnneA5214 mengatakan...

AEB60
Omlira Coin Hangi Borsada
Çankırı Evden Eve Nakliyat
Samsun Evden Eve Nakliyat
Arbitrum Coin Hangi Borsada
Tekirdağ Fayans Ustası
Mamak Parke Ustası
Bitrue Güvenilir mi
Çerkezköy Çekici
Edirne Lojistik

DC1BFAlayna14CA3 mengatakan...

F9253
Pursaklar Boya Ustası
Uşak Şehirler Arası Nakliyat
Tunceli Evden Eve Nakliyat
Antalya Şehirler Arası Nakliyat
Jns Coin Hangi Borsada
Kırşehir Lojistik
Bolu Şehir İçi Nakliyat
Karaman Parça Eşya Taşıma
Mith Coin Hangi Borsada

FC5B1Lori5A78B mengatakan...

89E4D
Binance Para Kazanma
Kripto Para Çıkarma
Bitcoin Madenciliği Nedir
Binance Komisyon Ne Kadar
Mexc Borsası Güvenilir mi
Coin Nasıl Alınır
Binance Nasıl Kayıt Olunur
resimli magnet
Coin Nasıl Oynanır

AFA6CBaylee66B72 mengatakan...

FC305
tokat yabancı görüntülü sohbet uygulamaları
urfa muhabbet sohbet
adana nanytoo sohbet
görüntülü sohbet sitesi
telefonda canlı sohbet
kayseri sesli sohbet siteler
nevşehir canlı sohbet siteleri ücretsiz
aydın yabancı canlı sohbet
osmaniye sesli sohbet siteler

9B77ACrystal47130 mengatakan...

3AC87
tokat görüntülü sohbet sitesi
denizli görüntülü sohbet
batman yabancı sohbet
en iyi ücretsiz görüntülü sohbet siteleri
antalya kadınlarla sohbet
Aksaray Parasız Sohbet
sohbet uygulamaları
antep rastgele sohbet uygulaması
Çanakkale Ücretsiz Sohbet Sitesi

A7FAFBrittanyBDDB0 mengatakan...

7668B
Sivas Canli Sohbet Chat
rastgele sohbet
bedava sohbet chat odaları
Edirne Görüntülü Sohbet Uygulama
siirt görüntülü sohbet kadınlarla
bedava sohbet chat odaları
Adana Kadınlarla Ücretsiz Sohbet
istanbul canli sohbet chat
ığdır Rastgele Sohbet Uygulaması

ADBD9Christine12394 mengatakan...

914AB
diyarbakır sohbet sitesi
en iyi rastgele görüntülü sohbet
antep mobil sohbet sitesi
rastgele sohbet odaları
ardahan canli sohbet bedava
batman sesli sohbet odası
sesli sohbet sesli chat
muğla ücretsiz görüntülü sohbet
ığdır canlı görüntülü sohbet uygulamaları

0C150Megan69C65 mengatakan...

DD998
Binance Referans Kodu
Görüntülü Sohbet Parasız
Mexc Borsası Güvenilir mi
Gate io Borsası Güvenilir mi
Bitcoin Mining Nasıl Yapılır
Bitcoin Nasıl Alınır
Bitcoin Nasıl Alınır
Anc Coin Hangi Borsada
Okex Borsası Güvenilir mi

2AC99Chad211C9 mengatakan...

C5BDB
Balışeyh
Kürtün
Havsa
Erciş
Aralık
Tillo
Babadağ
Taşköprü
Havran

Posting Komentar