Rabu, 01 Juni 2011

Membuat Sendiri Color Harmony

Halo Sobat Blogger, kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit tutorial mengenai cara membuat sendiri Color Harmony Pallete di Adobe Illustrator (penjelasan mengenai Color Harmony bisa Anda baca terlebih dahulu disini). 
Okay tanpa berbasa-basi lagi, silakan diikuti tutorialnya.

1. Langkah pertama buka aplikasi AI di komputer Anda. Saya menggunakan Adobe Illustrator versi Creative Suite 4.
2. Kemudian buka sebuah file gambar atau foto yang Anda inginkan untuk dijadikan swatches. Untuk tutorial ini saya menggunakan foto natural.

3. Lalu Anda seleksi (shortcut v) gambar tersebut, kemudian pilih opsi 'LiveTrace'.  
Saya mencoba menggunakan pilihan LiveTrace-nya hanya 16warna saja, Anda bisa bereksperimen dengan pilihan yang lainnya.
4. Kemudian klik "Expand" untuk merubah gambar yang telah kita trace menjadi path.
5. Ini adalah hasil hasil vektor setelah di-Expand.
6. Masih dalam vektor kita ini terseleksi, kini Anda klik area swatches yang berada pada toolbar kanan monitor Anda. Kemudian klik 'New Color Group'. Disini Anda bisa membuat nama group yang unik untuk setiap group swatchesnya. Saya menyarankan agar Anda menamai setiap Group dengan nama yang spesifik. Jangan menamai Group Swatches Anda dengan nama 'warna 01' atau 'warna group A' dan sejenisnya, karena nanti Anda akan kesulitan sendiri untuk mencari swatches Anda.
7. Sekarang klik 'OK' dan lihat, swatches custom kreasi Anda sudah muncul dan siap untuk digunakan. Oiya, jangan lupa save swatches Anda.

Bagaimana? apakah Sobat bloggers punya trik lain membuat sendiri color harmony? :)

1 comments:

Blogs mengatakan...

saya dapet tambahan ilmu di artikel ini , terima kasih buat informasinya

mampir ke blog saya ya http://dunianyainformasi.blogspot.com/

_salam_

Posting Komentar